Postingan

Belajar Rukun Islam Untuk Balita - Free Printable 5 Pillars Of Islam

Gambar
sebagai orangtua muslim, maka kita wajib menjadi madrasah utama anak-anak kita.





Sebagaimana pesan bagi orang tua dalam Alquran, “Dan hendaklah mereka takut kepada Allah seandainya mereka meninggalkan sepeninggal mereka anak keturunan yang lemah. Hendaklah mereka khawatir terhadap mereka.” (QS an-Nisa’ [4]: 9).

Jadi jangan jadikan generasi kita zurriyyatan dhi’afa (generasi yang lemah) tapi generasi yang menjadi qurrata a’yun (penyejuk mata). Yaitu generasi yang memberi harapan baik bagi masa depan. Karena telah kokoh jiwa dan pikirannya yang dilandasi ajaran agama.

Mengajarkan Rukun Islam merupakan landasan tauhid utama yang harus kita ajarkan kepada anak-anak. Mengenalkan rukun Islam bisa di mulai dari anak usia 2 tahun, diajarkan dengan cara yang menyenangkan layaknya bermain.

"Islam dibangun diatas lima perkara; Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji, dan puasa…

Landmark Baru Kota Samarinda, Menara Lampu Hias dan Patung Kuda di Taman Samarendah

Gambar

Indera ketujuh, Indera Proprioseptif

Gambar
Assalamualaikum wr wb. Apa kabar Ummahat? Apakah anak-anak sholeh-sholehah nya sehat? Semoga kita selalu bahagia ya menemani tumbuh kembang anak. Pada Jumat lalu kita telah berkenalan dengan indera vestibular yang berkaitan dengan gravitasi, pergerakan, dan keseimbangan tubuh. kini giliran indera proprioseptif untuk kita kenali.




Berasal dari bahasa latin, Proprio yang berarti milik sendiri. Reseptornya terdapat pada otot, sendi dan tendon yang membuat seseorang sadar posisi bagian tubuhnya dengan bagian yang lain, dan posisinya terhadap lingkungan.

Indera proprioseptif berkaitan dengan kesadaran tubuh, memberi informasi tentang posisi anggota tubuh, posisi seseorang di lingkungan, serta besarnya kekuatan yang diperlukan untuk melakukan suatu pergerakan. Indera tersebut  mempengaruhi kesadaran tubuh untuk menentukan energi yang harus kita gunakan saat berkegiatan.

🤸‍♀🏃‍♀🚶‍♂
Beberapa karakterisitik anak maupun orang dewasa yang hipersensitif, hiposensitif, atau mencari sensasi pada inde…

Ide Kegiatan Anak - Merangsang Indera Vestibular

Gambar
tulisan ini saya buat untuk Homeschooling Muslim Nusantara


Assalamualaikum Ummahat, Jumat 30 Desember 2018 kembali Tim Tema menyajikan ide berkegiatan dengan anak. kali ini kita akan berdiskusi tentang indera-indera manusia yang mana sebenarnya kita memiliki tujuh indera.

Panca indera yang selama ini kita ketahui yaitu indera penglihatan, indera penciuman, indera pendengaran, indera pengecap, indera peraba. Kelima indera tersebut mendapatkan rangsangan dari eksternal, sedangkan dua indera lainnya mendapatkan rangsangan dari internal tubuh. Kedua indera tersebut adalah indera vestibular dan indera proprioseptif.

Hari ini kita berkenalan dengan Indera Vestibular dulu. Indera vestibular merupakan indera yang berkaitan dengan gravitasi, pergerakan, dan keseimbangan tubuh. Indera ini lah yang membantu seseorang untuk menjaga keseimbangan ketika bergerak.

Indera ini terletak dalam telinga bagian dalam, terangsang oleh gerakan grafitasi. Lewat reseptor ini kita akan diberitahu bagaimana posis…

Sensory Play : Ice Bin - Set The Fossil Free

Gambar
Bermain Sensori, permainan sensori merupakan permainan yang mendorong anak-anak untuk menggunakan dan mengaktifkan indera-indera mereka. Contoh permainan sensori sangatlah banyak, seperti messy play atau main kotor-kotoran. Menurut Maria Montessori pengalaman sensori tersebut perlu didahulukan daripada tuntuan akademik, dan menurut ahli perkembangan anak Jean Piaget tahap pertama dari perkembangan anak adalah sensori-motor. 

Yuk Ummahat kita perhatikan manfaat bermain sensori :
Perkembangan kognitifSetiap stimulus sensori baru akan menambah koneksi jalur saraf di otak, sedangkan pengalaman yang berulang akan menguatkan koneksi dan membantu sinyal untuk dikirimkan lebih cepat. Semakin kaya pengalaman sensori anak, semakin kompleks pemahaman yang ia miliki dan semakin berkembang pola pikirnya.
Perkembangan bahasa Permainan sensori dapat meningkatkan pemahaman bahasa dan memperkaya kosakata anak. bagaimana coba Ummahat menerangkan arti kata ‘kenyal’, ‘garing’, ‘busuk’, ‘asin’, ‘asam’, ‘l…