8 Manfaat Aqiqah

  •  
     
    Assalamualaikum wr. wb.
    Ummafitllah, kamis, 20 September 2018 bertepatan dengan 10 Muharram 1440 Hijriyah, kami Tim Tema HSMN mengucapkan selamat menjalankan ibadah sunah puasa asyura, semoga Allah swt. meridhoi ikhtiar kita dan selalu memberikan petunjuk jalan kebenaran bagi kita. Aamiin…. Hari ini kita akan berdiskusi tentang perhatian Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. terhadap bayi yang baru lahir. *Merayakan Kelahiran bayi dengan Aqiqah*

    Alhamdulillah kita telah mendapatkan petunjuk dari Allah swt. Melalui Rasulullah saw. ketika menyambut kelahiran anak dan bagaimana beliau mengubah tradisi-tradisi jahiliyah. Di antara adat jahiliyah adalah menyembelih kambing lalu melumurkan darahnya ke kepala bayi. Mereka juga mengambil darah hewan yang disembelih dan melumurkannya di dinding dan pintu rumah. Itulah yang dilakukan oleh orang-orang jahiliyah saat kelahiran anak pada hari ketujuh. Mereka melakukannya dengan alasan untuk mencegah bayi yang baru lahir dari gangguan.

    Setelah Islam hadir, tradisi tersebut dihentikan, Allah memerintahkan untuk menyembelih kambing dan mencukur rambutya serta melumurinya dengan minyak za’faran-HR. Abu Dawud. Hal senada juga terdapat dalam hadist Yazid bin Abdullah Al – Muzani, bahwa Rasullullah bersabda, _“Anak yang dilahirkan itu diaqiqahi, bukan dilumuri kepalanya dengan darah.”_ (As Silsilatush Shahihah). Samurah bin Jundub meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, _“Semua anak itu tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh. Rambutnya dicukur dan ia dinamai.”_ 

    Sunnah melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh, bila tidak bisa, dilaksanakan pada harike-14, bila tidak bisa juga maka hari ke-21. Syarat kambing aqiqah sama dengan syarat kambing kurban.

    Salman bin Amir ra. Menuturkan bahwa Rasulullah bersabda :
    _”Anak tergadaikan dengan aqiqahnya, karena itu sembelihlah untuknya dan jauhkanlah gangguan darinya.”_

    Hadist diriwayatkan oleh An-Nasa’i
    _“Rasulullah mengaqiqahi Al-Hasan dan Al-Husin dengan dua kambing untuk masing-masing.”_ *Tujuan Aqiqah*
    Pembebasan bagi bayi yang baru lahir dan penjagaab baginya dari godaan setan dalam kepentingan akhiratnya.
     
    😊👇👇👇
     
    *Manfaat Aqiqah*
    ① merupakan tindakan untuk mendekatkan diri kepada Allah
    ② melatih diri untuk bersikap pemurah dengan cara mengadakan jamuan makan
    ③ mengalahkan kekikiran yang ada dalam diri manusia
    ④ bisa menjadi media untuk bayi dalam memberikan syafaat kepada kedua orangtuanya, dan juga syafaat dari orangtua untuk bayi.
    ⑤ mengokohkan tuntunan yang dianjurkan oleh syariat dan sekaligus memerangi khurafat jahiliyah.
    ⑥ berperan dalam mengumumkan nasab bayi yang baru lahir.
    ⑦ menyembelih kambing untutk aqiqah anak mengandung makna kurban, syukur atas nikmat,memberi makan, bersedekah, dan menjamu orang lain saat mendapatkan kesempatan yang sangat menggembirakan.
    ⑧ mengungkapkan kegembiraan dengan cara syariat Islam seiring dengan lahirnya sosok muslim yang akan memperbanyak umat Rasulullah pada hari kimat, menyembah Allah, dan mengalahkan musuh-musuhnya.
    Kita berlindung kepada Allah dari segala perbuatan keji dan mungkar. Patutlah kita mengikuti yang telah dikerjakan Rasulullah saw. 

  • Ngomong-ngomong nih Ummahat, apa menu masakan khas aqiqah di daerah Ummahat? 

    TIM TEMA HSMN
    hsmn.timtema@gmail.com
    〰〰〰〰〰〰〰〰
    🔅🔆🔅 HSMN 🔆🔅🔆
    〰〰〰〰〰〰〰〰
    👥 fp: facebook.com/hsmuslimnusantara
    👥 FB : Generasi Juara
    📷 IG : @hsmuslimnusantara
    🐤 twitter : @hs_muslim_n
    🌏 Web : hsmuslimnusantara.org
    Sumber:
    Buku Islamic Parenting : Pendidikan Anak Metode Nabi oleh Syaikh Jamal Abdurrahman, cetakan XV Agustus 2016. Hal. 45-49

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indera ketujuh, Indera Proprioseptif

Ide Kegiatan Anak - Merangsang Indera Vestibular

RESEP ROTI PISANG