5 Manfaat Adzan Bagi Bayi dan Jaminan Surga Bagi Janin Bayi Yang Gugur

  •  
     
    Assalamualaikum Wr.Wb. 

    Ummahatfillah, pada Kamis 30 Agustus 2018 Tim Tema HSMN ingin menyampaikan kabar gembira  bagi Ummahat yang pernah mengalami keguguran janin. 
     
    ๐ŸŒน ๐ŸŒน ๐ŸŒน ๐ŸŒน ๐ŸŒน ๐ŸŒน ๐ŸŒน ๐ŸŒน ๐ŸŒน
    Islam sebagai agama yang rahmatan lil'alamin memberikan perhatian terhadap janin-janin yang gugur. Mu'adz bin Jabal pernah menyampaikan, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

    ูˆَุงู„َّุฐِูŠْ ู†َูْุณِูŠْ ุจِูŠَุฏِู‡ِ ุฅِู†َّ ุงู„ุณِّู‚ْุทَ ู„َูŠَุฌُุฑُّ ุฃُู…َّู‡ُ ุจِุณَุฑَุฑِู‡ِ ุฅِู„َู‰ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ุฅِุฐَุง ุงุญْุชَุณَุจَุชْู‡ُ
    _"Demi Dzat yang jiwaku berada ditangan-Nya, sesungguhnya bayi yang gugur benar-benar akan menarik ibunya dengan tali pusarnya ke surga bila ibunya rela dengan itu."_ HR. Ibnu Majah 

    Artinya ibunya diminta bersabar dengan kehilangan anaknya. Kalimat hadis tersebut mampu menjadi pelipur lara bagi kedua orang tua yang kehilangan janin. Petugas kesehatan pun bisa menggunakan kalimat tersebut untuk menghibur hati pasiennya. 

    Semoga Allah merahmati kita semua, perhatian Allah dan Rasul-Nya demikian besar kepada manusia meskipun masih berupa janin. ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ถ 
     
     
    Lalu jika anak telah terlahir, bagaimana ajaran Islam memperlakukan nya pertama kali. 

    Abu Rafi' berkata, _"Aku melihat Rasulullah mengumandangkan azan di telinga Al-Hasan bin Ali saat baru dilahirkan oleh Fatimah."_ HR. Abu Dawud. 

    Ibnul Qayyim mengatakan bahwa hikmah azan & iqamah di telinga ๐Ÿ‘‚ bayi ๐Ÿ‘ถ yang baru lahir adalah :
    ๐Ÿ• agar suara pertama yang didengar oleh sang bayi adalah seruan azan. 
    ๐Ÿ•‘ agar bayi terbiasa mendengar seruan yang mengandung makna keagungan & kebesaran Allah SWT. 
    ๐Ÿ•’ bayi akan mendengar syahadat untuk pertama kali yang menjadi syarat utama bagi seseorang untuk diakui keislamannya. 
    ๐Ÿ•“ kepedulian Rasulullah saw terhadap akidah tauhid yang harus ditanamkan sejak dini dalam jiwa anak. 
    ๐Ÿ•” azan mampu menjadi pengusir setan yang selalu berupaya mengganggu bayi sejak kelahiran & memulai kehidupan barunya. Setan ๐Ÿ‘ฟ akan lari ๐Ÿƒ terbirit-birit ketika mendengar ๐Ÿ‘‚ suara azan.
     
     
    Abu Hurairah berkata, _"Saya mendengar Rasulullah bersabda: 'Tiada seorang pun dari anak keturunan Adam yang baru dilahirkan kecuali setan menyentuhnya ketika ia dilahirkan sehingga ia menangis karena sentuhan setan itu. 
     
    Kecuali Maryam dan putranya'."_
    Kemudian Abu Hurairah berkata, "Jika kalian tidak keberatan, bacalah firman-Nya
    ูˆَุฅِู†ِّู‰ ุฃُุนِูŠุฐُู‡َุง ุจِูƒَ ูˆَุฐُุฑِّูŠَุชَู‡َุง ู…ِู†َ ุงٌู„ุดَّูŠْุทًَู†ِ ุงٌู„ุฑَّุฌِูŠู…ِ ูฃูฆ
    _"Dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan yang tertutup."_ (Ali Imran:36)

    Dalam ilmu kesehatan, bayi *menangis untuk membantu membuka sirkulasi paru-paru untuk mengirim oksigen*. Tangisan pada bayi tersebut membantu membuka paru-parunya agar bisa menghirup oksigen. Selain itu, bayi *menangis juga merupakan cara bayi untuk berkomunikasi*.

    Ibnu Abbas berkata, _"Setiap bayi yang baru dilahirkan pasti menangis, kecuali Isa putra Maryam. Bayi itu menangis karena perutnya diperas oleh setan sehingga si bayi menjerit."_ HR. Ad Darimi.
    Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda :
    _"Tangisan bayi yang baru dilahirkan itu saat terjadi hasutan dari setan."_

    Wallahualam bishawab, apakah bayi menangis seolah-olah ingin menyampaikan bahwa dia sedang diganggu setan?

    Azan merupakan kalimat agung, pengaruh azan ini akan masuk ke hati ๐Ÿ’• bayi. Bayi akan terpengaruh oleh suara azan meskipun si bayi belum dapat menyadarinya. Dengan menyerukan azan di dekat telinga bayi akan menjadi pukulan balasan terhadap setan yang selalu berupaya merusak keturunan Adam. 
     
    Harapan lain dari seruan azan kepada bayi tidak hanya menyingkirkan setan dari si bayi saja melainkan juga mengusir setan keluar dari ruangan bersalin, sehingga si ibu yang baru selesai proses melahirkan pun terhindar dari hasutan setan. 

    Pengajaran ini menjadi pelambang Islam bagi seseorang saat dilahirkan ke dunia ๐ŸŒ. Saat manusia akan meninggal pun dianjurkan juga agar dituntun mengucapkan kalimat tauhid. Faedah mengumandangkan azan kepada bayi baru lahir sangat bagus, marilah kita ikuti apa yang telah dicontoh kan oleh Rasulullah saw.
  •  
     
    Sumber tulisan ๐Ÿ“ :
    Buku Islamic Parenting : Pendidikan Anak Metode Nabi oleh Syaikh Jamal Abdurrahman, cetakan XV Agustus 2016. Hal. 33-35
     
    hsmn.timtema@gmail.com
    galuh.damsel@gmail.com
     
     〰〰〰〰〰〰〰〰
    ๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”… *HSMN* ๐Ÿ”†๐Ÿ”…๐Ÿ”†
    〰〰〰〰〰〰〰〰
    ๐Ÿ‘ฅ fp: facebook.com/hsmuslimnusantara
    ๐Ÿ‘ฅ FB: Generasi Juara
    ๐Ÿ“ท instagram: @hsmuslimnusantara
    ๐Ÿค twitter: @hs_muslim_n

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indera ketujuh, Indera Proprioseptif

Ide Kegiatan Anak - Merangsang Indera Vestibular

Landmark Baru Kota Samarinda, Menara Lampu Hias dan Patung Kuda di Taman Samarendah